Menghadapi adanya Adaptasi Kebiasan Baru, banyak bisnis yang mau tak mau harus beradaptasi dengan aturan baru agar bisa tetap bersaing, misalnya dengan mengalihkan bisnis ke digital. Memulai bisnis online semakin populer di semua kalangan, banyak yang sudah menjalaninya. Namun, hanya sedikit yang benar-benar mengerti cara memulai bisnis online. Memulai bisnis online dari nol memang tidak mudah, karena membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan ketika menjalankan bisnis online yang sudah memiliki pelanggan. Nah, agar semakin memudahkan dalam membangun bisnis online dari nol, berikut beberapa tips & trik berbisnis online untuk pemula:

1. Temukan Hal Apa Yang Sedang Trending


Percaya atau tidak, kebanyakan pebisnis online yang sukses meraup keuntungan hingga ratusan juta perbulan awalnya memulai bisnis dari ide sederhana yang sedang berkembang di jagat dunia maya.

Misalnya seperti jasa penulisan caption untuk sosial media, dimana gagasan awalnya bermula dari trend instagram sebagai sarana sosialisasi dan aktualisasi diri.

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis online handal, maka salah satu kiatnya anda harus bisa membaca peluang sekecil mungkin dari fenomena yang sedang dibicarakan banyak orang. Ketahui selera pasar dan produk-produk yang sedang dicari banyak orang, Anda juga dapat menggunakan tools yang bernama Google Trends.

2. Pahami Karakteristik Produk


Sebagai seorang penjual, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengetahui karakteristik produk yang ingin di pasarkan. Pelajari keunggulan produk dari A-Z dengan teliti dan seksama agar berpotensi meningkatkan daya tarik calon pengguna.

Cara memahami karakteristik produk sendiri ada beberapa metode, seperti membaca brosur, googling, atau Anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui khasiat dan berbagai manfaat yang akan didapatkan.

3. Identifikasi Persaingan dengan Kompetitor


Identifikasi persaingan dengan kompetitor sangat penting. Caranya bisa menggunakan metode analisa SWOT dengan membandingkan poin-poin kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman.

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pebisnis online pemula yaitu terlalu percaya diri dan ingin hasil instan, padahal mereka belum mempelajari kompetitor yang butuh waktu lama agar bisnisnya bisa stabil dan tetap bertahan.

Dari poin identifikasi kompetitor, Anda kemudian bisa menarik kesimpulan secara tangible apakah mereka menawarkan produk dengan ramah, cepat tanggap ketika ada pertanyaan, atau memberikan bonus pelayanan tertentu untuk menjaga konsumen menjadi loyal. Setelah itu, tirulah strategi tersebut dengan sedikit modifikasi agar bisnis online yang Anda kembangkan bisa leibih menonjol dimata konsumen.

4. Membangun Identitas Brand atau Bisnis

Sumber: Freepik

Bagi para pemula membangun branding bisnis online memang bukan perkara mudah karena pada dasarnya Anda belum memiliki pelanggan loyal maupun budget yang signifikan. Namun, jika Anda tidak keberatan untuk berinvestasi dalam membangun branding, cara terbaik sekaligus mudah dilakukan yaitu dengan membangun website sendiri untuk toko online-mu. Keuntungannya, kalau kita sudah memiliki website sendiri, ke depannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika mau menyebar promosi online lewat media sosial, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Anda bisa membuat website berbayar yang lebih resmi dan pribadi, atau bisa menggunakan website atau blog gratis. Buat akun WordPress atau Blogspot karena kedua blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Jika Anda menggunakan WordPress dan ingin meningkatkan konversi penjualan dapat menggunakan plugin yang bernama Magic Order.

Magic Order merupakan sebuah Plugin WordPress yang dikhususkan untuk memaksimalkan Caldera Form anda. Magic Order memiliki banyak sekali fitur seperti Whats App Notif, Telegram Notif dan masih banyak lainnya. WA notif dan Telegram Notif dapat mengirimkan notifikasi order secara otomatis ke Customer. Sehingga layanan anda atau toko online anda menjadi lebih Kredibel dan Profesional.

5. Promosi Online


Setelah website jadi, anda bisa mengisinya dengan informasi produk atau jasa yang kamu miliki. Isi website yang sudah dibuat dengan konten yang benar dan meyakinkan. Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simple dulu, dan anda bisa memasukkan informasi berikut:

  • Profil usaha
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi (email, fax, telepon, dan lainnya.)
  • Cara pemesanan dan form order nya.

Lalu, anda bisa bagikan di beberapa situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs media sosial lainnya. Kemudian, anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs marketplace seperti di Tokopedia, shopee dan sebagainya. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

6. Jangan Takut Berinvestasi Lewat Iklan Berbayar


Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini peran media sosial menjadi semakin relevan dengan aktivitas bisnis online. Pasalnya, kita bisa melakukan promosi baik secara gratis maupun berbayar sesuai target dan segmentasi yang sebelumnya sudah kita tentukan.

Apalagi saat ini media sosial seperti Instagram dan Facebook juga sudah bisa di setting untuk mempromosikan iklan kepada calon konsumen potensial agar produk kita menjadi semakin dikenal. Pertanyaannya adalah apakah Anda siap untuk berinvestasi sejak awal?

Demikianlah beberapa tips & trick untuk memulai bisnis online bagi pemula. Selain informasi di atas tentu saja masih ada banyak tps & trik lain yang bisa Anda temukan sendiri baik dari pengalaman pribadi maupun sharing dengan sesama pelaku usaha bisnis online. Bagaimana menurut Anda? Apakah saat ini sudah siap untuk memulai bisnis online dari nol?

Sumber:

dewaweb.com/blog/panduan-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/

tokopedia.com/blog/tips-memulai-bisnis-online/

 

Mau Meningkatkan Konversi Penjualan untuk Toko Online Anda?

Magic Order Solusinya