Mendaki Gunung sudah menjadi sebuah trend pada saat ini. Namun hal apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung? berikut merupakan tips mendaki gunung untuk pemula, salam lestari!

1. Riset Gunung yang Hendak Didaki

Sama halnya dengan tak kenal maka tak sayang, kamu perlu mengenali gunung yang akan kamu daki seperti ketinggian gunung tersebut, medan-medan yang akan kamu lalui, flora dan fauna yang terdapat disana. Kamu dapat melakukan riset ini dengan cara menonton channel youtube tentang mendaki gunung, bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah mendaki gunung, searching melalui google dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan.

2. Persiapkan Fisik Dengan Rajin Berolahraga


Persiapan Fisik menjadi hal yang sangat penting untuk kamu yang akan mendaki gunung. Kamu bisa melakukannya dengan cara jogging pada pagi atau sore hari, Push-up, Pull-up dan lain sebagainya. Hal ini tentunya untuk menjaga stamina saat mendaki, karena saat mendaki gunung, suhu dan tekanan oksigen akan sangat jauh berbeda. Semakin tinggi gunung yang akan kamu daki maka semakin tipis oksigen yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu, persiapan fisik sangat penting dilakukan sebelum mendaki.

3. Ajak Teman Yang Sudah Berpengalaman

Pendaki yang sudah berpengalaman yang sudah terbiasa dengan aktivitas pendakian ini cenderung lebih cekatan ketika mempersiapkan sesuatu seperti mendirikan tenda misalnya. Para pendaki dikenal dengan solidaritasnya yang tinggi, sehingga mereka akan menjaga kamu selama pendakian. Tak hanya itu, mereka juga tak jarang akan membawakan barang-barang berat bawaanmu seperti tenda atau sleeping bag.

4. Membawa Barang Secukupnya

Mendaki gunung bukan seperti piknik yang segala sesuatunya harus dibawa. Pilihlah barang bawaan dengan bijak. Selain hanya akan menambah beban tas, membawa barang secara berlebihan juga bisa menghambat pendakian.

5. Jangan Malu Meminta Berhenti Jika Capek

Sebagai pendaki pemula, tentu saja memiliki kemampuan berbeda dalam mendaki tidak seperti orang-orang yang sudah sering mendaki. Saat kamu merasa capek, jangan malu untuk meminta berhenti daripada memaksakan untuk lanjut jalan malah tidak baik untuk kondisi badanmu.

6. Jangan Membuang Sampah di Gunung

“Ketika aku daki dari gunung ke gunung disana ku temui kejanggalan makna”

itu adalah salah satu bait dalam lagu kepada alam dan pencintanya. Ketika kamu mendaki gunung kamu harus menjaga kelestariannya dengan tidak merusak habitat asri tersebut seperti membuang sampah sembarangan. Gunung bisa diibaratkan dengan rumah bagi habitat yang tinggal disana, bayangkan saja jika ada orang yang merusak rumahmu seperti membuang sampah sembarang di dalam rumah tentunya kamu akan marah. Maka dari itu, jangan membuang sampah di gunung.

7. Utamakan Kebersamaan


Menjaga satu sama lain juga merupakan hal yang penting jika kamu mendaki secara berkelompok. Solidaritas dalam tim pendaki sangat penting agar semua anggota bisa sampai di puncak dan kembali dengan selamat. Di sini, kamu perlu empati tinggi dan hilangkan jauh-jauh sikap egois.

8. Jaga Sikap

Ketika kamu mendaki gunung kamu harus menjaga sikap dan perilakumu. Jangan mengatakan hal-hal yang senonoh dan harus tetap menjaga sikap sopan santun.

9. Berdoa

Tips naik gunung untuk pemula yang terakhir adalah dengan berdoa. Kesehatan spiritual yang baik dengan sang pencipta juga akan mendorongmu untuk berpikiran positif sepanjang pendakian. Berdoalah sebelum mendaki.

Mau Meningkatkan Konversi Penjualan untuk Toko Online Anda?

Magic Order Solusinya