“Hari ini kejam. Besok lebih kejam lagi. Tapi esok lusa, hari akan indah. Kebanyakan orang mati saat ‘besok petang’, dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit.”

Kutipan diatas merupakan salah satu dari banyaknya kutipan dari seseorang yang bernama Jack Ma yang juga merupakan pendiri Alibaba.com. Tapi tahu kah kalian bagaimana kisahnya sampai menjadi orang  yang sukses?

Biografi Jack Ma

sumber: CNBC

Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964. Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang simpel di Hangzhou pada 1980-an. Dikala itu, China baru membuka diri kepada bangsa barat. Semasa hidupnya, ia mesti berhadapan dengan berjenis-jenis permasalahan.

Jack Ma ditolak di tiap sekolah. Malahan semenjak sekolah dasar, ia telah mendapatkan penolakan sebab ujian matematikanya yang tidak terlalu bagus. Tetapi Jack Ma bertahan dan melewatinya. Semenjak umur 12 sampai 20 tahun, ia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana ia bisa belajar bahasa Inggris.

Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar merubah sistem pandangnya mengenai hidup. Jack Ma merasa dirinya berpikir lebih global dibandingkan kebanyakan penduduk China lain. Apa yang disebutkan para turis benar-benar berbeda dengan seluruh yang dipelajari Jack Ma dari para guru dan buku di sekolah.

Jack Ma pertama kali memakai dunia online pada 1995 dikala ia mencari kata `beer` dan `China`. Tetapi dikala itu, Ma tidak menemukan hasil pencarian yang diinginkan melewati dunia online. Berbekal rasa penasaran, ia langsung mewujudkan website situs untuk jasa penerjemahan bahasa China dengan seorang sahabat. Hanya dalam beberapa jam saja, ia mendapatkan banyak surat elektronik (e-mail) yang cukup membantunya membangun laman website tersebut.

Mendirikan Alibaba.com

Kejadian itulah yang kemudian menjadi elemen pemicu berdirinya Alibaba Group. Sekarang, alibaba adalah retailer online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia sesudah Wal-Mart. Ia malahan memulai karirnya cuma sebagai guru bahasa Inggris. Meskipun demikian, perannya di Alibaba senantiasa menempati posisi strategis utama.

Web pertamanya, Alibaba.com adalah  web pertama yang mengaitkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri. Perusahaannya juga sanggup dengan kencang menarik para pemberi modal. Dikala ini, Alibaba tengah berniat menumbangkan eBay, web jual beli online yang bermarkas di Amerika Serikat (AS). Berkat kegigihannya, dua web Alibaba, Taobao Marketplace dan Tmall.com, sekarang mendominasi metode portal pengiriman China.

Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi dan digital, Jack Ma terbukti sanggup menjadi pendiri retailer online terbesar di China, Alibaba Group. Berkat bisnisnya itulah, eks guru bahasa Inggris ini berhasil menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Banyak pengusaha yang menjulukinya sebagai `Crazy Jack` sebab ide-ide bisnis super gila dan fantastis yang dilontarkannya. Tidak ada satupun yang yakin, Jack Ma bisa menghasilkan semua ide bisnis baru yang belum pernah di coba oleh orang lain. Dibandingi berdiskusi soal kehebatan perusahaan, ia lebih bahagia membahas bagaimana Alibaba bisa menolong banyak konsumen, menghasilkan lapangan kerja dan melayani masyarakat.

Di AS, Jack Ma menemukan mimpinya. Ia berkunjung ke Sillicon Valley memperhatikan banyak kendaraan beroda empat lalu lalang dan bangunan super megah. Di situlah ia menemukan motivasi juangnya untuk menjadi pria berhasil.

Berkat usaha keras dan ide-ide briliannya, usaha dan kesuksesannya dengan Alibaba selalu meningkat. Kini tokoh bisnis terkemuka asal Tiongkok ini sudah memutuskan untuk pensiun dari Alibaba Group.

Namun kegigihan, kisah inspiratif, dan kata-kata motivasinya akan terus dijadikan pelajaran bagi para pengusaha lainnya. Berikut merupakan beberapa kutipan Jack Ma yang sangat Inspiratif:

1. Bijak Menghadapi Pesaing

“Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah menjiplak. Jika Anda menjiplak, maka Anda ‘mati’.”

Namun, gunakanlah pelajaran tersebut untuk berinovasi. Dengan terus belajar dan memperbarui strategi usaha, bisnis Anda akan terus bersaing dan berkembang di bidangnya.

Selain itu, Jack Ma juga berpesan untuk tetap mengutamakan pelanggan di atas mempelajari pesaing. Karena, sematang apapun strategi bisnis Anda, jika tidak memberi manfaat serta layanan yang baik bagi pelanggan Anda, maka usaha tersebut tentu tidak akan berjalan dengan baik.

2. Uang Bukan Satu-satunya Modal Sukses

“Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita hanya kekurangan orang-orang pemimpi yang mampu berjuang keras untuk mimpinya.”

Kisah Jack Ma merupakan bukti dari kegigihan dan kerja keras yang dapat mewujudkan mimpinya. Meski ditolak oleh 30 perusahaan dan membanting setir menjadi guru Bahasa Inggris, dengan segala usaha dan ide-ide briliannya, ia dapat menggarap usaha inovatif di bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang dalam bidang tersebut.

3. Pantang Menyerah Dalam Berjuang

“Dalam jalan menuju sukses, Anda akan sadar bahwa orang yang sukses bukanlah orang yang suka merengek maupun yang sering mengeluh.”

Bagaimana jadinya jika beliau tidak berusaha mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan baik?

Mungkin inspirasi tidak akan datang dengan cara yang sama seperti yang beliau dapatkan sekarang. Bagi Jack Ma, kesuksesan adalah sesuatu yang hanya bisa diraih dan dijalani tanpa banyak berkeluh kesah.

Kelelahan itu pasti, karena segalanya tidak mungkin terus berjalan sesuai dengan keinginan kita. Hal tersebut sebaiknya diatasi dengan istirahat yang cukup dan berusaha sesuai dalam jangkauan kemampuan Anda. Tetap imbangkan usaha dan menjaga kesehatan Anda, ya!

4. Selalu Awas Terhadap Peluang Yang Ada

“Peluang-peluang yang tidak dapat dilihat semua orang adalah peluang-peluang yang sesungguhnya.”

Peluang tersebut datang dan terpikirkan oleh beliau ketika orang-orang pada masa tersebut belum memikirkannya.

Dengan semangat dan ide briliannya, Jack Ma selalu bergerak dan mewujudkan visinya dalam berbisnis hingga menghasilkan kesuksesan yang melimpah hingga masa pensiunnya saat ini.

 

Sumber:

3so.co.id/2019/05/09/biografi-jack-ma-sang-pendiri-alibaba/

blog.mokapos.com/motivasi-bisnis-dari-jack-ma

 

Mau Meningkatkan Konversi Penjualan untuk Toko Online Anda?

Magic Order Solusinya